5 Fakta Manfaat Media Sosial Instagram

Categories Media Sosial, Sosial MasyarakatPosted on
fakta manfaat media sosial instagram

Membahas tentang media sosial saat ini tidak ada habisnya. Jangkauannya sangat luas. Seperti yang kita tahu media sosial sudah banyak digunakan baik dari kalangan remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anak. Apa itu media sosial? Media Sosial adalah media daring yang memudahkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, berbagi, dan bersosialisasi. Contoh media sosial blog, jejaring sosial, forum diskusi, wikipedia. Saya sendiri memiliki lebih dari satu jejaring sosial yaitu Blog, Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube. Media sosial memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan saya bahas kali ini 5 fakta manfaat media sosial instagram.

Manfaat Media Sosial Instagram

Dari banyaknya media sosial yang saya gunakan saya lebih sering menggunakan Instagram. Berikut manfaat yang saya rasakan menggunakan Instagram :

1. Media informasi
Informasi yang sering saya cari di Instagram biasanya tentang info lomba blog, foto dan video tempat wisata, kuliner dan seni budaya.

2. Hiburan
Ketika suasana hati sedang gak karuan. Biasanya saya membuka akun-akun instagram yang memposting video-video lucu.

3. Jaringan pertemanan
Instagram membantu kita bertemu dengan teman-teman lama, menambah teman baru dan berkomunikasi dari jarak jauh lewat komen dan DM.

4. Menjalankan bisnis
Salah satu manfaat Instagram adalah kekuatan untuk meningkatkan penjualan. Lewat fitur terbaru dari Instagram yaitu instagram bisnis saya bisa mempromosikan produk online shop. Dalam hal ini teknik softselling banyak digunakan untuk berjualan tanpa harus “menjual”

5. Media berkreasi
Instagram sebagai tempat menuangkan ide-ide kreatif. Contohnya membuat meme, komik, video lucu, video cinematic, gambar lucu, infografis dan masih banyak lagi.

Meskipun Instagram memiliki banyak manfaat yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-sehari tentu ada juga dampak buruk yang ditimbulkan. Terutama efek candu bagi penggunanya. Karena biasanya berselancar di Instagram itu menyenangkan. Istilah kerennya stalking. Apalagi kalau sudah menonton video-video lucu sampai gak ingat waktu. Tiba-tiba perut udah lapar karena main Instagram dari pagi sampai siang. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?. Saya sendiri pernah mengalami kecanduan main media sosial Instagram. Saya akan berbagi kepada pembaca bagaimana cara saya mengatasinya :

Cara mengatasi efek candu Media Sosial

Efek candu media sosial disini maksudnya kita tidak bisa lepas dari smartphone. Kemana-mana dibawa. Jalan sambil main hape, makan sambil main hape, sampai ke toilet juga bawa hape. Alasannya mau balas komen dengan cepat atau fast respon. Berikut tips cara mengatasi efek candu bermain media sosial :
1. Batasi waktu penggunaan
Tentukan waktu menggunakan media sosial 1 jam, 2 jam, atau 3 jam. Setelah itu letakkan smartphone dan lakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau menulis blog hehe..
2. Gunakan media sosial dengan bijak
Meskipun saya banyak punya akun media sosial, saya hanya aktif di media sosial yang paling sering saya gunakan saja seperti Instagram. Jadi saya tidak sibuk untuk login, logout media sosial lainnya. Kecuali untuk hal-hal tertentu saja.
3. Kumpul bersama keluarga
Sebanyak apapun followers Instagram tetaplah keluraga di rumah adalah orang terdekat yang harus saya perhatikan. Saya rutin kumpul bersama keluraga di rumah tanpa memegang smartphone.

Kesimpulannya media sosial itu akan sangat berguna bila kita bijak menggunakannya. Ambil manfaatnya dan kurangi dampak negatifnya. Ohya ini Instagram saya :

Pustaka Kata :

Softselling : melakukan penjualan secara halus dan perlahan tanpa “menjual” dengan paksaan
Stalking : melihat, memantau akun media sosial lain yang dilakukan secara diam diam tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut. Orang yang melakukan stalking disebut stalker.
Misalnya : ketika sedang pedekate dengan seseorang kita pantau dulu akun sosial media sang target

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *